Kalteng
Home » Berita » ASN Katingan Diminta Jadikan Nilai BerAKHLAK sebagai Kompas Moral

ASN Katingan Diminta Jadikan Nilai BerAKHLAK sebagai Kompas Moral

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Hasan Basri mendorong aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Katingan untuk menginternalisasi Core Values ASN BerAKHLAK./FOTO; ist

KATINGAN, iNewsKobar.id – Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Hasan Basri mendorong aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Katingan untuk menginternalisasi Core Values ASN BerAKHLAK.

Nilai dasar ASN BerAKHLAK, yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif itu disampaikan Plt Kakanwil pada Pembinaan ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Katingan, Senin (04/08/2025).

“ASN BerAKHLAK” adalah panduan perilaku bagi ASN Indonesia yang diluncurkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang harus diimplementasikan dalam melayani masyarakat dan menjalankan tugasnya,” kata Plt Kakanwil.

Dijelaskannya, Core values BerAKHLAK ini dalam rangka penguatan budaya kerja sesuai dengan salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintah berkelas dunia.

Lebih lanjut Plt Kakanwil menguraikan masing-masing nilai yang terkandung dalam core values BerAKHLAK, yang pertama yaitu Berorientasi Pada Pelayanan. Maksudnya yaitu adanya komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. 

“Dalam implementasinya, para ASN Kementerian Agama Katingan diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaiknya pada masyarakat, baik yang datang secara langsung ke kantor ataupun secara tidak langsung,” terang Plt Kakanwil.

Plt Kakanwil minta ASN Kemenag Katingan agar melayani masyarakat dengan segala keramahan dan tentunya dengan pelayanan yang terbaik dan prima. 

Nilai kedua, sambungnya, yaitu Akuntabel, artinya bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Seperti amanah menjadi pejabat harus dapat dilaksanakan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok-fungsi serta tanggung jawab yang diemban.

Nilai ketiga yaitu Kompeten, dalam hal ini seluruh ASN diharapkan untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Pada poin ini, ASN diharapkan terus-menerus untuk belajar, dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi, serta mengembangkan kapabilitas kita selaku ASN yang profesional.

“Jangan pernah berhenti untuk belajar karena pada hakikatnya belajar adalah sepanjang masa, selama hayat masih dikandung badan,” paparnya.

Kemudian nilai keempat adalah Harmonis, yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan. Diungkapkan, dalam bekerja seorang ASN pasti akan beriringan dan bermitra dengan orang lain. Tentunya akan ditemui berbagai perbedaan, baik latar belakang pendidikan, sosial, budaya, agama, dan lain sebagainya. 

“Untuk itu kita semua harus dapat dengan saling asah, saling asuh, dan saling asih di antara kita semua,” pesannya.

Dia menerangkan, saling asah adalah mengacu pada saling memperbaiki kemampuan dan kompetensi diri. Sedangkan saling asih yaitu merujuk pada empati, kepedulian sosial kepada sesama manusia, sementara saling asuh yaitu menggambarkan sikap untuk saling membantu dan mendukung perkembangan sesama pegawai, sehingga lingkungan kerja yang kondusif dapat tercapai.

Nilai berikutnya dalam core value ASN BerAKHLAK yaitu Loyal, berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, berpegang teguh serta setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kemudian nilai yang keenam yaitu Adaptif, cepat beradaptasi terhadap segala perubahan, terus berinovasi dan antusias dalam mengembangkan kreativitas serta proaktif dalam menghadapi setiap perubahan tersebut. 

Plt Kakanwil melanjutkan, nilai terakhir dari core values ASN Ber-AKHLAK yaitu Kolaboratif. Dalam hal ini ASN diharapkan membangun kerja sama yang sinergi dan memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak untuk turut berkontribusi pada setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan. 

“Terkait poin ini diharapkan adanya kerja sama yang harmonis dan sinergis antar unit kerja, antar pegawai agar kita bersama dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan,” tegas Plt Kakanwil.

Menurutnya, dalam penerapan core values ini, setiap ASN harus dapat memahami dan dapat mengimplementasikannya dalam kinerja sehari-hari dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat maupun pemangku kepentingan. 

“Nilai-nilai dalam core values akan mempengaruhi cara berinteraksi kita dan bersikap baik itu keperluan sehari-hari maupun dalam dunia kerja,” ujar mantan Kepala Kantor Kemenag Kab Katingan ini.

Setiap nilai, menurutnya, bukan sekadar slogan, melainkan kompas moral dalam menjalankan amanah sebagai pelayan publik. “ASN dituntut memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, menjaga akuntabilitas, mengembangkan diri, serta membangun kerja sama yang sehat di tengah keberagaman,” wantinya.

Menutup arahannya, Plt Kakanwil menyemangati seluruh pegawai untuk senantiasa menjaga semangat, dan etos kerja dalam mengabdi kepada negara dan masyarakat.

“ASN Kemenag harus jadi teladan. Mari kita menjadi contoh, bukan hanya dalam kerja, tapi juga dalam sikap hidup,” pungkasnya.

Perlindungan Pekerja Nyata, Santunan Diserahkan di Momen HUT RI ke-80

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Advertisement
× Advertisement